-->

Apa Yang Motivasi Orang Sukses?


Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa orang sukses adalah mereka yang  memiliki motivasi yang kuat untuk sukses. Mereka bukan orang yang menghindari kegagalan, tapi terus berjuang tanpa henti mewujudkan tujuan hidupnya. Dengan sikap positif tersebut, orang-orang sukses ini sering mendapat dukungan dari lingkungannya yang merasa “bahagia” dan nyaman berada bersama orang-orang positif yang tidak gampang menyerah.


Sebaliknya, orang yang cenderung lari dari masalah, takut salah dan gagal, cenderung fokus pada upaya melindungi diri sendiri dari rasa malu akibat ketidakmampuannya.Akibatnya kelompok orang ini cenderung menghindari pekerjaan yang berorientasi pada pencapaian, dan mudah menyerah bila menyadari bahwa pekerjaan itu agak sulit untuk segera memperoleh kesuksesan.
Tentu ada saja orang yang berada diantara keduanya, namun begitu tiap orang memiliki sifat yang relatif diantara dua kubu motif tersebut. Berikut sedikit pembeda yang bisa dipelajari

Sukses adalah tanggungjawab pribadi, Individu yang termotivasi untuk sukses cenderung percaya bahwa inisiatif, upaya dan keteguhan merupakan kata kunci untuk sukses dalam menyelesaikan tugas.  Sementara mereka yang takut gagal  memandang bahwa sukses dapat diraih bila ada sumber-sumber dan situasi yang mendukung kesuksesan. Jika tidak ada, maka tugas itu menjadi sangat sulit atau tidak layak untuk diperjuangkan (gagal sebelum bertindak).
Tugas yang sulit adalah kesempatan, Orang yang termotivasi untuk sukses sering melihat tugas yang sulit sebagai tantangan dan kesempatan.Sementara orang yang takut gagal melihatnya sebagai ancaman.
Perjuangan untuk mencapai sesuatu itu menyenangkan, Mereka yang termotivasi untuk sukses melihat tugas yang sulit sebagai alat untuk berdedikasi, bekerja penuh konsentrasi, berkomitmen dan terlibat.  Sementara mereka yang takut gagal akan melihat upaya tersebut berlebihan dan penuh stress.
Perjuangan untuk mencapai sesuatu itu memiliki nilai, Individu yang termotivasi memandang kerja keras sebagai sebuah nilai, sementara mereka yang takut gagal menertawai orang termotivasi ini sebagai pecundang dan tidak punya kehidupan sosial.

Keahlian bisa ditingkatkan, Orang yang termotivasi percaya bahwa mereka bisa meningkatkan kinerja atas tugas yang berat dengan terus berusaha dan belajar sambil bekerja.Mereka suka belajar kapan saja, dimana saja dan dari mana saja.Sementara mereka yang takut gagal melihat keahlian itu bawaan lahir atau sudah ada di individu tersebut.Tidak bisa dikembangkan atau ditingkatkan.
Usaha tak putus, Orang yang sukses cenderung percaya bahwa upaya terus menerus dan komitmen dapat mengatasi kegagalan dan hambatan.Sementara mereka yang takut gagal melihat kegagalan pertama sebagai sinyal untuk berhenti berusaha dan pindah ke usaha lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel