-->

Bagaimana menularkan Motivasi?

Terdapat 5 cara menularkan motivasi yang terbukti berhasil memotivasi orang lain dan diri sendiri.  Berikut daftarnya:

Bersikap positif itu menular. 

Bersemangat dan bersikap positif mampu memotivasi yang lain untuk bersikap sama.  Ini mirip dengan fakta yang menunjukkan bahwa emosi seseorang bisa mempengaruhi yang lain, apakah itu positif ataupun negatif.  Karenanya, ingatlah, mendorong semangat itu lebih baik daripada menghukum apalagi menakut-nakuti.


Menjadi model motivator. 

Pemimpin yang baik tidak mengharap sesuatu yang melebihi kemampuan anak buahnya. Berilah teladan yang baik dengan melakukan hal-hal baik ataupun sesuatu melebihi harapan.  Anak buah akan mengikuti.

Fokus kepada misi yang diemban bersama.

Banyak orang kehilangan motivasi karena lupa akan tujuan awal. Pemimpin yang baik selalu mengingatkan anak buahnya akan tujuan ini dan memotivasi untuk terus berkomitmen melaksanakan misi yang menjadi alasan mengapa mereka melakukan tugas tersebut.


Tetapkan sasaran yang menantang. 

Menetapkan sasaran adalah cara yang paling tepat merangkul dan memotivasi orang lain dalam melakukan sesuatu.  Selalu menetapkan sasaran dengan hati-hati: spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan memiliki tenggat waktu.  Sasaran musti realistis dan masuk akal.

Rayakan kemenangan, meskipun kemenangan kecil! 

Penelitian menunjukkan bahwa cara paling baik memotivasi tim adalah memberi pengalaman “menang” bagi tiap orang dengan cara memecah sederet tugas yang rumit menjadi kumpulan tugas yang tersusun rapi dan sistematis. Tiap kumpulan tugas memiliki target sendiri, dan jika sudah diselesaikan (dicapai) akan dirayakan bersama. Strategi ini mirip dengan menciptakan permainan kecanduan: tiap tingkat pekerjaan memiliki perayaan sendiri, sebelum akhirnya menyelesaikan seluruh rangkaian tugas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel