-->

Cerita Awal Rumah Tangga Menantu Nabi Muhammad SAW


Awal berumah tangga, Ali bin Abi thalib hanya dibekali seperangkat kasur kayu, bantal yang isinya rerumputan dan serabut, bejana, dan gentong air oleh Nabi Saw sebagai mertuanya.

Setiap hari, Ali menimba air untuk keperluan sehari-hari dan tidak jarang untuk menyiram ladang. Hal ini membuatnya merasa capek dan lelah.

Begitu pula dengan Fatimah, istrinya. Ia harus mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendiri tanpa dibantu oleh siapapun. Hingga tangan halusnya lecet dan luka tidak karuan.

Melihat kondisi ini, Ali menyarankan Fatimah agar bergegas menemui Nabi Saw dan meminta agar dicarikan pembantu untuk menolong pekerjaan harian mereka.

Ketika Fatimah menemui Nabi Saw, rasa segan dan malu menyelimuti dirinya sehingga ia batal mengutarakan keinginannya tersebut. Akhirnya Ali menemani fatimah mengutarakan isi hati mereka  kepada Nabi Saw.

Namun, Nabi tidak mengabulkan permintaan keduanya. Alasannya, jangankan seorang pembantu Nabi saja harus menanggung hidup sahabat-sahabat faqir yang hidup dan tinggal berdampingan dengan Nabi di mesjid madinah.

Malah Nabi menawarkan sesuatu yang lebih baik dari yang mereka pinta. Ali dan fatimah pun ridho menerimanya. Nabi memberikan amalan agar membaca tasbih, tahmid dan takbir 10 kali setiap selesai shalat. Dan membaca tasbih 33 kali, dan takbir 34 kali setiap akan tidur.

Shifat as-Shafwah , hlm 284.
______________________________

Nabi Saw mengajarkan kemandirian dan kesederhanaan terhadap putri dan menantunya. Walaupun mempunyai ayah seorang Nabi, akan tetapi tidak serta merta bisa dan bebas mendapatkan semua yang diinginkan.

Ali dan fatimah pun 'tau diri', dan tidak memaksa nabi mengabulkan permintaanya. Karena Khawatir justru itu malah menambah beban pikiran Nabi Saw.

Untuk kuat menghadapi cobaan hidup, Nabi menganjurkan agar senantiasa berdzikir, mengingat Alloh swt. Dengan mengingatNya maka kebaikan dunia dan akhirat akan menghampiri rumah kehidupan kita.

Wallahu 'alam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cerita Awal Rumah Tangga Menantu Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel