-->

Penyebab anak suka bohong dan pemalas menurut Ibnu Khaldun


Penyebab anak suka bohong dan pemalas menurut Ibnu Khaldun

Sikap keras dalam pnedidikan dapat berakibat buruk bagi murid, apalagi ketika usianya masih kecil. ini merupakan tabiat buruk. barangsiapa yang tumbuh dalam kondisi pemaksaan dan penindasan, maka hal itu dapat membuatnya menjadi orang keras dan berkepribadian sempit, kurang giat dan tidak bisa  tumbuh dengan baik. hal ini juga dapat membuatnya suka berbohong, pemalas, dan perbuatan buruk lainnya seperti sikap tidak jujur dengan memperlihatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang ada dalam hati karena khawatir mendapatkan penganiayaan

Kekerasan dalam pendidikan ini dapat membuat orang secara tidak langsung belajar melakukan tipu daya, yang menjelma menjadi perilaku dan kebiasaan.

dengan demikian, hilanglah makna-makna kemanusiaan yang ada padanya. rasa sosial dan kelembuatan berubah menjadi kesombongan dan sikap mempertahankan diri. bahkan ia enggan mencari keutamaan-keutamaan dan perilaku baik, sehingga ia semakin menjauh dari tujuan hidupnya sebagai manusia dan terpuruk menjadi seburuk-buruk manusia. hal ini akan terjadi pada setiap umat yang terbiasa dipaksa dan ditindas

Perlakukanlah anak didik sebagai orang yang mempunyai kebebasan sepenuhnya terhadap dirinya sendiri. hal ini dapat dijadikan sebagai penelitian.

Hendaknya sikap seorang pengajar kepada murid dan sikap orang tua kepada anaknya tidak sewenang-wenang dalam mendidik.

Umar bin khttab adalah “Barangsiapa yang tidak mendapatkan pendidikan agama, maka ia tidak mendapatkan pengajaran dari Allah” karena untuk menjaga diri dari buruknya pendidikan, maka kadar yang telah dijelaskan oleh agama lebih layak untuk diikuti. sebab dialah dzat yang lebih mengetahui kemaslahatan mahkluknya.

Pesan Harun al-Rasyid kepada guru dari anaknya
Salah satu bentuk pendidikan yang baik adalah sebagaimana yang disampaikan oleh Ar-Rasyid kepada Ahmar, guru putranya yang bernama Muhammad al-Amin

Ar-Rasyid berkata, “Wahai Ahmar, Amirul Mukminin telah menyerahkan buah hatinya kepadamu, maka lapangkanlah tanganmu kepadanya. dia wajib meanaatimu. jadilah anda sebagaimana yang telah ditentukan oleh Amirul mukminin. bacakanlah alquran kepadanya. ajarkanlah hadis kepadanya. bacakanlah syair syair kepadanya. ajarkanlah padanya bagaimana berkata-kata dengan baik. cegahlah ia dari tertawa yang tidak pada tempatnya.

jangan sampai ia bersamamu kecuali ia mendapatkan sesuatu yang bermanfaat baginya tanpa membuatnya sedih, sehingga dapat mematikan hatainya. kuatkanlah ia semampumu dengan melakukan pendekatan dan kelembutan. apabila ia membangkang, barulah engkau boleh melakukan tekanan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab anak suka bohong dan pemalas menurut Ibnu Khaldun"

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel