-->

Kultwit Haidar Bagir "Menyibak Misteri Kematian"

Haidar Bagir
Faquha.site - "Menyibak Misteri Kematian"
1. “Dialah yg menjadikan mati & hidup demi mengujimu ttg siapa yg lebih sempurna amal2Nya” (QS 67 :1-2)

·         2. Ada 300-an ayat dlm al-Qur’an yg di dlmnya disebut kata mati (ma-ta, ya-
mu-tu, maut (an))

·         3. Menurut Lisanul ‘Arab, “maut” berarti diam, padam, tenang, tak bergerak. Juga:berpindahnya (sesuatu) dari satu tempat ke tempat lain

·         4. “Kalian dicipta tuk keabadian, bukan kemusnahan. Sungguh kematian adl perpindahan dari satu rumah (dunia) ke rumah lain (akhirat)” Hadis

·         5. Kematian, yakni ketika ruh meninggalkan badan, sebagaimana pelaut meninggalkan kapalnya yang karam.

·         6. Atau, spt secercah cahaya yg meninggalkan suatu tempat &menjadikannya padam/gelap kembali spt saat ia belum masuk ke dlmnya

·         7. Selain maut, al-Qur’an menggunakan istilah wafat tuk menunjuk mati. Istilah tawaffa berarti mengambil sesuatu & menerimanya scr sempurna.

·         8. “Allah menerima (dengan sepenuhnya) jiwa-jiwa pada saat kematiannya.”

·         9. “Dan mereka berkata, ‘Apakah ketika kami telah lenyap (musnah) di dalam tanah, kami akan benar-benar menjadi ciptaan yang baru?’

·         10. Katakanlah: Malaikat Maut ditugasi untuk menerimamu dan kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.”

·         11. Berhubungan dg istilah wafat ini, dikenal juga istilah kematian kecil. Yg ditunjuk oleh istilah ini adalah tidur. Allah berfirman :

·         12. “Dan dialah yang mewafatkan kalian pada malam hari ….?”

·         13. “Allah menggenggam jiwa manusia ketika matinya dan menggenggam jiwa (manusia) yang belum mati di waktu tidurnya?

·         14. ... Maka dia tahanlah jiwa org yg telah ditetapkan kematiannya, dan dia lepaskan jiwa yang lain sampai waktu yg ditentukan.


·         15. “Sungguh,” kata Nabi, “hidup manusia di dunia ini bagaikan mimpi.” “Ia terjaga ketika mati.”

·         16. Al-Qur’an jelas ungkapkan bahwa mati berarti kembali (ruju’) kpd sumber atau Suatu Keseluruhan yg darinya wujud kita berasal. Allah.

·         17. “Kemudian kamu dimatikan & dhidupkanNya kembali, kemudian kpdNyalah kamu dikembalikan?” (QS 2:29)

·         18. Kematian menyibak hijab: ‘Saat ini kami telah menyibak darimu hijabmu, hingga hari ini penglihatanmu amat tajam’ (QS 50 :22)

·         19. Apa yang selama ini tersembunyi di dunia rendah menjadi terungkap nyata.

·         20. Jadi, sebaliknya dari mengalami akhir kehidupan, manusia melanjutkan kehidupannya stlh kematian (fisikal) ini. Bahkan lebih hidup lagi

·         21. Bagaikan seseorang yang bangun dari tidur dengan mimpi yang panjang, kematian (fisikal) telah menandai keterjagaannya.

·         22. Persis kata Nabi: “Sesungguhnya dalam kehidupan dunia ini manusia itu tertidur. Baru ketika mati ia terjaga.”

·         23. Amal-amalnya di kehidupan dunia yang akan menentukan kehidupannya pascakematian.

·         24. “Pada hari itu amal-amal (manusia) akan dikalungkan di leher-leher mereka,” firman Sang Pencipta.

·         25. Di hari Kiamat amal2 manusia diperhitungkan & “apa yg ada dlm dada diungkapkan” (Q.S. 100 : 10) & “rahsia2 dibongkar” (QS. 86 : 9)

·         26. Al-Qunawi menyatakan:setelah kematian manusia akan mengambil bentuk jasmaniah sesuai peri laku yg menguasainya ketika hidup di dunia.

·         27. Jika syahwat yg berkuasa, ia akan tampil sebagai babi, dan jika amarah yg angkara, ia kan tampil sbg anjing.

·         28. Jika baik, maka ia akan tampil sebagai makhluknya yang cantik, tampan, dan indah dengan sifat2 yang menawan dan memberikan kebahagiaan.

·         29. “... (Itulah) hari yg segenap jiwa kan dapati semua amal baiknya terhampar di depannya ...

·         30. ... demikian pula amal-amal buruknya. (Jiwa-jiwa) itu akan berharap akan adanya masa yang panjang di antaranya dan hari itu (QS.3:30)

·         31. Inilah makna sabda Nabi: ‘Manusia akan dikelompok-kelompokkan pada Hari Kebangkitan sejalan dengan niat-niatnya.’"

·         32. Tentu kita ingin berada di kelompok yang baik. Untuk ini resepnya saederhana, sbgmana diajarkanNYa :

·         33. “Siapa harap perjumpaan dg Tuhannya, hendaklah beramal-saleh & tak mempersekutukanNya dg sesuatu pun dlm beribadah kpd Tuhannya (QS:110)

·         34. Selesai. WalLahu a'lam bish-shawab wal-hamdu lilLahi Rabbil-'Alamin

·         "Berapa banyak anak-pikiranmu kan kau lihat di kubur? ... Pikiran-baikmu lahirkan remaja & bidadari. Pikiran-burukmu? Setan2 besar!" Rumi

·         "Kamu adl pikiranmu, selebihnya tulang & serat. Kalau kamu mikir mawar, kamulah taman mawar; jika duri2, kamulah bahan bakar tungku" Rumi

·         "Ada ribuan srigala & babi dlm wujud kita. Ada cantik, ada buruk, tergantung sifat-utama. Jika lbh banyak emas dr tembaga, emaslah dia" Rumi
Reply RT Favorite
·          
"Jika kau takut dr kematian, kau takut pd dirimu sendiri. ... Itulah wajah-burukmu, bukan kematian. Ruhmu spt pohon, kematian daun2nya" Rumi


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kultwit Haidar Bagir "Menyibak Misteri Kematian""

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel