-->

Pancasila Riwayatmu kini

Jakarta, Faquha News- Sewaktu kecil saya hapal lagu wajib nasional, Garuda Pancasila. Salah satu potong dari lirik lagi itu adalah “Pancasila Dasar Negara” . sejak saat itu saya mempunyai keyakinan bahwa Pancasila adalah Dasar Negara

Keyakinan Pancasila sebagai dasar negera berakhir sejak maraknya sosialisasi 4 pilar negara dari MPR RI, saat itu di bawah pimpinan al-marhum Taufik Kiemas. Dalam sosialisasi yang gencar dan konon menghabiskan dana milyaran rupiah, pancasila diartikan dengan pilar dengan UUD 1945, NKRI dan Bhinek aTunggal Ika, padahal pada awalnya Pancasila adalah dasar sebagaimana dalam lirik  lagu Garuda Pancasila.

"Menempatkan Pancasila sebagai salah satu pilar, selain mendudukkan sama dan sederajat dengan pilar yang lain juga akan menimbulkan kekacauan pengertian," ungkap Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi saat sidang putusan penghapusan istilah 4 pilar kebangsaan dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011. (Metrotvnews.com 03/05/14)

Pemohon lain menggugat Pancasila dimaknai sebagai pilar berbangsa dan bernegara. menyejajarkan Pancasila sebagai 4 pilar yang lainnya dianggap sebagai penurunan nilai Pancasila. Pasalnya, Pancasila adalah dasar dan ideologi bangsa tidak bisa disejajarkan dengan 3 pilar lainnya (Metrotvnews.com 03/05/14)

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pilar adalah tiang, tentu semua tau bahwa apa itu pilar/ tiang dalam sebuah rumah misalkan akan berbeda antara tiang dan Dasar  (masa lantai di samakan dengan tiang?)

Dan kini perdebatan sudah berakhir, sosialisasi 4 pilar tidak menghasilkan apa-apa, selain proyek-proyek skala Nasional bagi  Even Organizer di kampus-kampus. Alhamdulilah sewaktu kuliah di UIN Jakarta, saya dapat uang untuk beli pulsa dan sekotak nasi padang. Mungkin itu berkah dari Sosialisasi 4 pilar, terimakasih bapak Taufik Kiemas.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pancasila Riwayatmu kini "

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel