-->

Minuman Segar, Cincau Hijau Rajamandala


 gambar di ambil dari travel.detik.com

Sasak Rajamandala berada di perbatasan antara Bandung - Cianjur, di sini pula ada tempat untuk sekedar melepas lelah berupa tenda-tenda penjual minuman yg sehat dan menyegarkan, yaitu Es Cincau.
Sehat, ya karena kandungan serat dari daun Cincau yang banyak manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya pereda rasa Hauss .. Hihi
Cincau Hijau sangat membantu dalam proses pemulihan kesehatan yang berkaitan dengan masalah Lambung.
Para penjual Cincau di Rajamandala ini dalam proses pembuatannya masih tradisional, tanpa bahan pengawet, tanpa pengenyal, tanpa pengeras buatan. Es Cincau yang dijualnya tersebut hanya untuk hari itu saja, tidak untuk dijual buat esok harinya. sehingga aman untuk dikonsumsi.
Salah satu penjual cincau di sini berbagi tips bagaimana cara - proses pembuatan Cincau, yaitu:
Daun cincau, yang digunakan para penjual di sini adalah daun Cincau Batang bukan Cincau rambat, daun Cincau yang yang dipilih daun yang sudah tua.

Air, untuk membuat cincau bisa dengan air sumur, air isi ulang (air galon), dan air hujan, yang sebelumnya di masak terlebih dahulu. Yang paling baik sebetulnya adalah menggunakan air hujan, alasannya karena sifat air hujan yang dingin, dan sangat bagus dalam proses penggumpalan sari cincau dan tidak mudah mencair.
Proses penggilasan daun, setelah mempersiapkan bahan (air matang dan daun Cincau). Setelah daun dibersihkan, sebelum digilas/diremas tangan terlebih dahulu daun Cincau diseduh air hangat sebentar, setelah itu gilaslah daun cincau di dalam air matang yang sudah disiapkan tadi, kenapa digilas di dalam air ? Agar nantinya tidak menimbulkan buih, berbeda jika posisi saat menggilas di atas air, biasanya hasil gilasan dari daun Cincau akan banyak buih. Setelah selesai, langsung bersihkan (saring)  sisa-sisa gilasan daun sebelum cincau menggumpal.

Satu lagi, jika ingin hasilnya maksimal, di akhir gilasan, gilaslah beberapa daun saja (daun cincau tanpa di seduh air hangat). Gula, gula yang dipakai adalah gula  aren asli.
Harga satu gelasnya Rp.5.000
Semoga bermanfaat..Mohon maaf jika banyak pemilihan kata-kata yang kurang baik
*Mungkus heula buat bekel nanti berbuka, mudah-mudahan tidak mencair
#kabaca #gowesliterasi #kampungbuku #gowesmudik2018 #kargobike

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Minuman Segar, Cincau Hijau Rajamandala"

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel