-->

Bertanya kepada Jasser Auda

Faquha.site - Sekitar sebulan yang lalu, Universiti Brunei Darussalam (UBD) kedatangan Prof. Jasser Audah, pengarang buku Maqasid al-Syari'a as Philosophy of Islamic Law, yang dikenal di seluruh dunia sebagai ahli tentang Maqashid al-Syari'ah. Dalam sesi tanya jawab setelah menyampaikan ceramahnya di Harvard Hall, UBD, tentang Maqashid Syari'ah saya bertanya kepada prof Jasser, "Menurut Anda, apa sebenarnya disebut pakaian Islami? Apakah mesti seperti orang Arab?"
Beliau yang saat itu mengenakan baju koko Melayu menjawab, "pakaian Islami adalah pakaian yang menutupi aurat. Bisa seperti pakaian Arab, seperti yang sering saya kenakan dalam beberapa kesempatan sebagai orang Mesir. Tapi kalau saya di Jakarta sering juga saya pake batik, dan di negara yang lain pakaian yang umum dipakai di negara tersebut. Dan itu, menurut sata, tak kurang Islaminya daripada pakaian orang Arab di atas."
Bagi saya pendapat di atas merupakan pandangan yang menunjukan keluasan wawasan dan kedalaman pemahaman dari seorang ulama besar yang hidupnya diabdikan untuk mempelajari filsafat hukum Islam. Ini tentunya berbeda dengan pandangan sekelompok orang yang membatasi pakaian Islam pada model pakaian Arab saja, dan nemandang pakaian yang lain sebagai kurang atau tidak Islami. Wallahu a'lan! Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bertanya kepada Jasser Auda "

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel