-->

Persiapan Supaya Lulus SBMPTN

http://www.faquha.com/2016/03/persiapan-dan-strategi-lulus-sbmptn.html
Persiapan dan Strategi lulus SBMPTN

Persiapan dan Strategi lulus SBMPTN

Setiap menghadapi ujian atau seleksi, beberapa peserta akan mengalami hal berikut:
1.    Mental block
Maksud dari mental block adalah sering kali siswa membentuk otaknya sendiri untuk berpikiran bahwa ia tidak mampu dan merasa bodoh. Padahal belum dicoba dan berusaha semaksimal mungkin. Banyak dari siswa langsung berkesimpulan ia tidak bisa dan semuanya sulit.

Hal ini dapat diungkap dari kata-kata negatif yang sering muncul dari siswa kelas XII, misalnya: :ah, enggak bisa nih”, “Bodoh banget sih gitu aja ga bisa”. Nah, kata-kata seperti inilah yang akan membentuk otak bawah sadar kita untuk tidak bisa.

2.    Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk di sini bukan masalah bolos sekolah atau tidak mengumpulkan tugas sekolah, tapi lebih pada kebiasaan yang sering tidak memerhatikan guru, ngobrol sendiri ketika pelajaran dimulai, makan, sms-an, bahkan tidur dikelas.

Kebiasaan ini dimulai ketika kita masih kelas X dan akhirnya akan memengaruhi kita di kelas. Ingat, mata pelajaran yang diujikan saat  SBMPTN tidak hanya mata pelajaran yang dipelajari saat kelas XII, tapi dari kelas X.

Solusinya
Solusi dari dua masalah tadi adalah jangan berputus asa dan jangan makin minder. Jauhkan pikiran-pikiran yang menganggap diri kita bodoh dan tidak mampu. Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang malas Untuk memulainya, kita harus yakin bahwa kita anak yang pintar dan mampu, biarkan masa lalu di kelas sebelumnya yang membuat kita merasa tidak mampu, buang semua itu dari pikiran kita,.

Jangan takut, kepintaran bisa dilatih dan terus ditingkatkan jika kita mau mencoba dan berusaha. Supaya lebih efektif lagi, hilangkan juga kebiasaan-kebiasaan buruk seperti tidur, ngobrol saat pelajaran, kurangi bermain, nonton tv, dan main game. Tinggal kita memilih, ”Bersakit-sakit dahulu, kemudian bersenang-senang kemudian” atau “Bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian”

Belajar Sendiri vs Ikut Bimbel (bimbingan belajar)
Ikut bimbel ataupun hanya belajar sendiri bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan. Yang menentukan kita lulus bukanlah orang lain, tapi diri kita sendiri. Mau belajar ataupun ikut bimbel tidak masalah, yang terpenting adalah rajin dan rutin belajar, mau mengulang materi pelajaran, tidak hanya rajin mencatat

Belajar Kelompok
Alangkah lebih baik jika kita juga membiasakan diir untuk belajar bersama atau kelompok, otak 5 orang lebih baik daripada otak 1 orang. Ajaklah teman-teman yang pintar mata pelajaran tertentu untuk belajar bersama. Dengan belajar kelompok juga kita dapat saling bertukar informasi, saling mengajari, dan memberi semangat

Rumus Cepat Vs Konsep
Rumus cepat memang menajdi daya tarik bagi siswa unuk melupakan bagaimana konsep dari mata pelajaran yang dipelajari. Rumus cepat memang diperlukan, tapi tiu setelah kita mengerti bagaimana konsep suatu rumus atau pelajaran tertenu. Meskipun rumus cepat dapat digunakan dengan mudah dan cepat, namun dalam penggunaanya diperlukan syarat-syarat tertentu, kita juga perlu menghafal dan pastinya tidak semua soal dapat menggunakan rumus cepat tersebut. Jadi, rumus cepat memang diperlukan, namun pahami terlebih dahulu konsepnya.

Fokus
Materi ujian SBMPTN adalah mata pelajaran dari kelas X hingga kelas XII, jadi kita perlu fokus pada materi yang sering keluar dan mudah dipelajari terlebih dahulu. Jangan terlalu menghabiskan waktu belajar pada bab-bab pelajaran yang terlalu sulit, padahal dalam ujian hanya 1 soal yang keluar. Maka, perlu juga mencari tahun soal-soal yang sering keluar.

Olahraga dan Makan
Dengan kesehatan atau tubuh yang fit kita akan dapat belajar dengan penuh konsentrasi dan seefisien mungkin. Karena dengan olahraga dan makan yang teratur kita bisa hidup sehat dan belajar dengan maksimal

Tinggalkan hal-hal yang tidak perlu
Kurangi kegiatan-kegiatan yang menghabiskan waktu dan menghindarkan kita dari belajar, seperti kurangi menonton TV, game

Orang tua
Jika ingin benar-benar lulus, dekatilah orang tua kita, mintalah restu dan doa dalam menghadapi tes SBMPTN

Sikap
Kita harus bisa bersikap konsisten terhadap usaha kita menghadapi ujian SBMPTN. Jangan langsung menyerah, lakukan secara berkala dan konsisten untuk mencapai hasil yang maksimal

doa dan Tuhan
Sekeras apa pun usaha kita jika Tuhan tidak menghendaki, kita tidak akan pernah bisa. Jadi mulai perbanyaklah berdoa pada Tuhan, memohon agar kita diberi kemudahan dan kelancaran.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Persiapan Supaya Lulus SBMPTN"

Post a Comment

SILAHKAN KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel